4 Cara Mengobati Bisul Dengan Bahan Alami Tradisional

Tips Sehat

Tubuh kita ini sangat rentan akan yang namanya penyakit, berbagai macam penyakit bisa saja datang menyerang, salah satu macam penyakit yang sangat terkenal di masyarakat yaitu bisul. Meskipun penyakit bisul ini sudah hampir dikenal oleh semua kalangan masyarakat, namun terkadang masih banyak yang masih belum tahu tentang bagaimana cara mengobati atau mengatasi penyakit bisul secara tepat dan benar.

cara-mengobati-bisul-secara-alami

Berbagai macam cara pun dilakukan dari yang menggunakan salep yang didapat dari toko obat atau apotek, dan juga dengan cara lain yaitu dengan menggunakan daun daunan sebagai obat herbal alternatif. Obat obatan tersebut digunakan untuk mengatasi penyakit bisul ini, karena penyakit ini sangat menganggu dan sering kali membuat tubuh kita demam seketika. Bisul biasanya disebebkan oleh bakteri dan tempat tumbuhnya pun bisa dimana saja. Tempat yang paling sering ditumbuhi bisul ialah di muka. Penyebab dari penyakit ini ialah bakteri dan di tunjang juga dengan pengkonsumsian makanan yang mengandung protein dalam jumlah yang berlebihan..

Tanda dan gejala bisul biasanya tumbuh di tempat yang berbulu dan kulit ynag berambut, oleh karena itu sampai sekarang belum pernah kita jumpai bisul yang tumbuh pada telapak tangan, kaki, ataupun bibir, namun yang paling sering adalah bisul tumbuh di ketiak, leher, kepala, atau paha yang sering berkeringat dan cenderung utnuk terkena gesekan. Adapun tanda tanda yang bisa kita lihat ketika akan tumbyh bisul yaitu adanya benjolan sebesar biji kacang yang berwarna merah dan terasa nyeri, kemudian kulit disekitar bisul akan mulai membengkak dan merah, semakin hai bisul tersebut akan semakin besar dan ujung bisul akan berwarna kekuning kuningan.

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Untuk mengatasi rasa nyeri yang diakibatkan oleh bisul, berikut adalah cara mengobati bisul secara tepat dan benar, yaitu:

1. Kompres dengan air hangat

Untuk jenis bisul yang baru tumbuh, anda bisa mencegah tau mengobatinya langsung sebelum bisul tersebut tumbuh semakin besar denga cara mengompresnya dengan air hangat. Tempelkan waslap hangat ke daerah kulit terkena bisul selama kurang lebih 15 menit, lakukan beberapa kali dalam sehari karena cara ini bisa membantu mempercepat pematangan bisul dan mempercepat penyembuhannya juga.

2. Jangan memencet bisul

Dalam bisul terkandung zat zat bakteri sehingga apabila anda memencet bisul sampai mengeluarkan nanah, hal tersebut hanya akan memicu terjadinya infeksi disekitar kulit anda yang terkena bisul tersebut. Hindari sentuhan atau gesekan yang bisa mengakibatkan bisul anda pecah.

3. Menggunakan daun bayam

salah satu cara alami yang bisa kita lakukan untuk mengobati bisul yaitu dengan menggunakan daun bayam. Caranya pun vukup mudah yaitu dengan mengambil daun bayam kemudian cuci daun bayam tersebut, tambahkan garan dan tumbuk hingga halus, kemudian tempel didaerah yang terkena bisul, namun ingatlah jangan sampai terkena mata bisul, cukup di tempelkan di area sampingnya saja.

4. Mencegah kontaminasi

Jagalah kebersihan anda, cuci tangan anda setelah anda mengompres bisul, pakaian atau semua barang barang yang terkena bisul harus segera dicuci dan di jaga kebersihannya. Hal ini berguna untuk mencegah kontaminasi bisul, apalagi anda sampai terkena bisul berulang kali.

Itulah tadi pembahasan tentang cara mengobati bisul secara tepat dan benar, semoga bisa membantu mengobati masalah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *