Hati-hati saat menggunakan Tea Tree Oil, ini efek sampingnya!

Bahan bahan alami sering digunakan sebagai pengobatan karena dinilai tidak memiliki efek samping. Apakah demikian ? pada dasarnya manusia memiliki respon yang berbeda beda terhadap suatu bahan alami ataupun kimia. tidak terkecuali tea  tree oil yang sedang marak digunakan sebagai salah satu komposisi produk kecantikan karena khasiatnya yang baik khususnya untuk jerawat. Kenali yuk efek samping dari bahan ini!

1. Untuk kulit sensitif

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan menggunakan tea tree oil di kulit untuk mengobati jerawat. Untuk kulit sensitif, minyak ini mungkin akan meninggalkan rasa kering, gatal, menyengat dan terbakar setelah pemakaian pertama Anda. Jika sudah seperti itu, baiknya hentikan untuk beberapa saat, dan bisa dicoba lagi dalam jangka waktu beberapa hari.

2. Mengganggu hormon pria

Pada sebuah studi kasus penelitian, pemakaian tea tree oil dan minyak lavender pada pria sangat tidak dianjurkan. Mengapa? Kedua kandungan minyak alami tersebut memungkinkan adanya efek yang dapat mengganggu hormon pria. Pada sebuah kasus yang telah terjadi, hal tersebut mengakibatkan pria memiliki pertumbuhan payudara abnormal, atau biasa disebut ginekomastia.

3. Jangan diminum!

Tidak pernah ada aturan yang menyarankan minyak pohon teh untuk dikonsumsi langsung. Mengonsumi tea tree oil akan menimbulkan beberapa dampak yang mungkin terjadi, antara lain pusing, badan lemas, terdapat ruam merah di sekujur tubuh, dan bahkan menyebabkan kondisi koma.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *