Ketahui Penyebab dan Faktor Resiko Penyakit Serangan Jantung!

Apa yang menyebabkan serangan jantung ?

Serangan jantung merupakan kondisi yang bisa disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Penyebab serangan jantung juga dapat tapi kurang umum karena spasme hebat (penyempitan) pada arteri koroner yang memotong aliran darah. Spasme terjadi karena di arteri koroner yang tidak terpengaruh oleh aterosklerosis. Kondisi pada umumnya terjadi karena penggunaan rokok atau obat-obatan terlarang seperti kokain.

Sedangkan yang disebabkam oleh jantung coroner sendiri terjadi ketika kondisi ketika zat lilin yang disebut plak menumpuk di dalam arteri koroner. Arteri tersebutlah yang menyalurkan darah yang kaya akan oksigen ke jantung. Sehingga saat plak menumpuk di dalam arteri selama bertahun-tahun, atau disebut juga dengan aterosklerosis. mengakibatkan area plak itu sendiri dapat pecah (terbuka) di dalam arteri dan menyebabkan terbentuknya gumpalan darah pada permukaan plak. Selain kedua itu, serangan jantung dapat juga terjadi karena adanya robekan di arteri jantung (pemotongan arteri koroner secara spontan).

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk serangan jantung?

Serangan jantung merupakan keadaan yang bisa terjadi pada siapa saja. Fator – faktor berikut ini dapat menaikkan risiko pengembangan sel penyebab serangan jantung.

  • Pria berusia 45 tahun ke atas dan wanita berusia 55 tahun ke atas lebih berisiko terkena serangan jantung dibandingkan usia yang lebih muda.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Kurang beraktivitas.
  • Stres berat.
  • Kadar kolesterol atau trigliserida yang tinggi.
  • Faktor keturunan. Risiko lebih tinggi jika ayah atau saudara kandung laki-laki Anda didiagnosa dengan penyakit jantung sebelum berusia 55 tahun, atau jika ibu atau saudara kandung perempuan Anda didiagnosa dengan penyakit jantung sebelum berusia 65 tahun.

Perlu di ingat bahwa tidak mempunyai faktor risiko bukan berarti Anda tidak mungkin kena serangan jantung. Faktor-faktor ini hanya referensi, sehingga jika kalian mengalami segeralah menemui dokter untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *