Bahasa Gaul memang Asik, tapi Bahasa Indonesia Lebih Baik

 

Dewasa ini, eksistensi Bahasa Indonesia sudah tergeserkan dengan adanya pemakaian Bahasa anak remaja yang sering disebut  dengan Bahasa gaul, hal ini sudah pasti tidak asing lagi di negara kita apalagi di kalangan remaja saat ini. Penggunaan Bahasa gaul oleh para remaja sekarang terkadang terdapat dalam penggunaan Bahasa Indonesia secara resmi yang seringkali tidak digunakan dengan cara yang baik dan benar. Bahasa gaul di kalangan remaja sering digunakan untuk alat berkomunikasi antara teman sebaya ataupun sekelompoknya.

Penggunaan Bahasa gaul ini sangat membuat eksistensi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional menurun. Hal ini dikarenakan remaja sekarang selalu mengikuti arus globalisasi saat ini, kalangan remaja beranggapan bahwa jika mereka tidak menggunakan Bahasa gaul artinya mereka adalah kalangan atau kelompok yang ketinggalan zaman dan tidak mengikuti trend zaman sekarang. Bahasa gaul yang digunakan oleh para remaja saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa di masa yang akan datang, Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional akan menurun. Padahal, di dalam pendidikan maupun acara formal dituntut agar kita dapat berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Perkembangan Bahasa gaul di dalam kalangan para remaja memang sangat pesat, hal ini di dukung oleh adanya sarana komunikasi yang semakin hari semakin canggih. Remaja saat ini memang terlalu mudah untuk menangkap hal – hal yang berbau modern dan Bahasa gaul juga sangat mudah untuk di pelajari sehingga remaja sekarang lebih memilih Bahasa gaul dalam kehidupannya sehari – hari ketimbang harus mempelajari secara dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Dampak dari adanya Bahasa gaul adalah tidak semua orang mengerti arti dari Bahasa gaul. Dilihat dari segi tulisan, Bahasa gaul dinilai sangat  susah dan ribet serta membutuhkan waktu yang lama untuk dapat memahami isinya. Hal ini tidak terjadi jika mempelajari Bahasa Indonesia yang baik karena Bahasa Indonesia mudah dipelajari dan dipahami.

Sebagai remaja zaman sekarang, hendaknya kita melestarikan dan menjunjung nilai – nilai, aturan, dan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar sebelum derajat Bahasa Indonesia menurun. Sehingga Bahasa Indonesia adalah Bahasa benar-benar yang utama di negeri kita yaitu Indonesia dan eksistensi Bahasa Indonesia tetap ada di dalam jiwa masyarakat Indonesia pada umumnya dan kalangan remaja pada utamanya.

Maukah kamu menjadi generasi milenial dan anak muda yang menjunjung eksistensi bahasa Indonesia yang baik dan benar?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *