Menikmati Keindahan di Pantai Samas

Pantai Samas Jogja adalah pantai yang sangat populer di kalangan anak muda. Pantai Samas dikenal karena pantainya yang indah dengan angin kencang dan ombak laut yang bergelombang. Aspek khusus dari pantai ini, yang tidak berada di pantai lain, adalah delta sungai dan laguna di mulut Sungai Opak. Untuk penduduk, nama Wedi Kangser diberikan dan lagu itu disebut Pengklik. Selain itu, ada program perlindungan penyu di pantai Samas. Pantai ini adalah surga penyu langka. Penyu seperti kura-kura menggonggong, penyu sisik dan penyu hijau secara rutin berhenti di pantai ini. Penyu langka berhenti di pantai Samas Jogja untuk bertelur.

Bibir Pantai Samas curam dan ombaknya tergolong tangguh. Kondisi ini menyebabkan wisatawan berenang karena cukup berbahaya. Selain pesona alam, ada pesona budaya di Pantai Jogja Samas. Kegiatan budaya ini, daya tarik utama Pantai Samas, adalah kebiasaan keagamaan. Upacara Tumuruning Maheso Suro dan acara Labuhan Sedekah Laut diadakan secara teratur di pantai ini. Upacara ini diadakan oleh Suro setiap 1 tahun. Upacara tradisional ini adalah tradisi bagi orang Sande untuk merayakan legenda Maheso Suro.

Pantai Samas terletak di pantai barat Parangtritis, di tengah-tengah Desa Srigading, kabupaten Sanden, sekitar 14 (empat belas) mil selatan Kota Bantul. Perjalanan ke Pantai Samas mudah dan menyenangkan untuk dilalui. Dari pusat Kota Yogyakarta, menuju ke selatan ke Jalan Brigade Katamso dan terus melewati Jalan Parangtritis. Lanjutkan ke pertigaan jalan di barat melalui Jalan Cepit-Tembi. Sesampainya di pertigaan, menuju ke selatan di sepanjang Jalan Bantul dan terus ke Jalan Samas. Setelah Anda pergi ke Jalan Samas, ikuti jalan ini sampai kami tiba di Pantai Samas. Jarak dari kota Jogja ke Pantai Samas adalah sekitar. 26,4 km dan waktu perjalanan normal kendaraan bermotor dari kota Jogja ke Pantai Samas adalah sekitar 50 menit. Jangan khawatir untuk anda yang memiliki kendaraan pribadi karena anda bisa langsung ke pantai Samas dengan perjalanan menyenangkan karena memang jalannya sudah dibangun dengan baik untuk para wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *