Obat Menyembuhkan Luka Terkena Knalpot

Bahaya memang selalu ada dimana-mana. Aktivitas apapun yang anda lakukan, anda perlu sangat berhati-hati. Pasalnya banyak sekali orang yang ceroboh yang mengakibatkan melukai diri sendiri. Seperti salah satu contohnya adalah tidak sengaja tersenggol knalpot motor. Tentunya anda perlu mengetahui cara cepat menyembuhkan luka agar tidak semakin parah dan infeksi.

Pertolongan Pertama Menangani Luka Bakar Akibat Knalpot

Apabila anda tidak sengaja terkena knalpot motor yang sangat panas, anda sebaiknya menghubungi dokter atau para ahli yang sangat profesional. Bisa dikatakan bahwa luka terkena knalpot masih jenis luka derajat dua. Akan tetapi meskipun tidak terkena api secara langsung, suhu knalpot bisa mencapai 200 derajat. Jika tidak ada dokter, lakukanlah pertolongan pertama berikut ini.

  1. Air

Anda langsung mengaliri luka dengan air mengalir. Jangan langsung menggunakan air es, malah memperparah. Alirkan selama kurang lebih 20 menit.  Hal ini mempunyai fungsi agar proses pembakaran pada kulit dapat langsung terhenti. Selain itu, juga mencegah masuknya panas api ke lapisan kulit lebih dalam lagi.

  1. Kain atau kapas basah

Setelah dialiri air, tepukkanlah kapas atau kain yang sudah anda basahi sebelumnya ke luka bakar. Anda perlu melakukannya secara perlahan-lahan. Pada proses ini anda perlu menyiapkan diri, karena ini akan menyebabkan luka menjadi sangat perih.

  1. Balut luka bakar

Hal yang paling penting adalah anda tidak boleh membiarkan luka anda terbuka begitu saja. Luka anda tidak boleh terkena kontak fisik dengan benda atau apapun itu yang ada di sekitar anda. balutlah luka anda dengan menggunakan penutup luka yang sudah anda strelikan.

Pantangan Mengobati Luka Bakar

  1. Mengoleskan odol

Banyak sekali mitos yang beredar bahwa odol dapat mempercepat kesembuhan luka bakar. Nyatanya, menurut para ahli odol malah akan memperparah luka. Kandungan yang ada didalam odol seperti kalsium dan mint mampu memperparah infeksi luka.

  1. Menggunakan es batu

Pantangan lain yang perlu anda ketahui adalah anda jangan menggunakan air es atau es batu. Banyak yang mengompres luka bakarnya dengan menggunakan air es batu. Hal ini padalah sangat dilarang. Info lebih lengkapnya dapat anda akses melalui website https://www.guesehat.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *