Tips Mencari Tiket Pesawat Murah, Meski Sedang Tidak Promo

Pada 2013, semua maskapai bertarif rendah bersaing untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Suatu kali saya menerima tiket pulang pergi seharga Rp 110.000 untuk rute Jakarta-Medan dengan Citilink dan Rp350.000 untuk rute Jakarta-Bali dengan Air Asia. Tapi itulah saatnya. Ketika Menteri Perhubungan yang bernama Ignasius Jonan mengeluarkan rule atau peraturan tentang penawaran harga tiket pesawat termurah untuk penumpang, dianggap mustahil untuk mendapatkan harga RP 700.000 untuk rute Jakarta-Bali, bahkan selama masa promosi. Belum lagi, maskapai sering tidak memiliki promo lagi. Tetapi jika tidak ada promo, ini tidak berarti Anda tidak bisa mendapatkan tiket murah. Buktinya, pada periode Lebaran tahun 2013 saya bisa mendapatkan tiket PP untuk Jakarta-Bali hanya dengan Rp800.000. Tahun lalu, ketika saya juga menerima Tiket Pesawat Medan Solo, Kuala Lumpur-Johor Baru dan Singapura-Jakarta dengan total hanya Rp800.000. Saya pikir Anda masih bisa mendapatkan tiket murah asalkan Anda tahu caranya. Di sini saya akan berbagi tips dengan Anda.

1. Perhatikan ke mana Anda pergi

Tujuan Anda adalah menentukan waktu terbaik untuk membeli tiket untuk mendapatkan harga terendah. Jika rute yang Anda pilih adalah rute yang digunakan terutama oleh maskapai penerbangan (terutama maskapai berbiaya rendah) seperti Singapura, Kuala Lumpur, Bali, Yogyakarta, dan Surabaya, Anda harus pintar membaca harga, karena harga biasanya berayun. Jadi, jika Anda menemukan harga yang menurut Anda paling murah yang bisa Anda dapatkan, saya sarankan Anda membeli tiketnya segera.

Tetapi jika rute yang Anda pilih adalah rute yang tidak dioperasikan oleh maskapai penerbangan bertarif rendah atau bukan rute wisata “sibuk” seperti Banjarmasin, Tanjung Pinang, Belitung dan Banda Aceh, membeli tiket adalah dua bulan, satu bulan atau bahkan satu minggu sebelum keberangkatan, harga tidak menunjukkan perbedaan signifikan. Mengapa? Karena maskapai yang mengoperasikan rute ini menggunakan harga tiket sepanjang tahun, yang berarti bahwa harga tiket pesawat hampir sama sepanjang tahun, kecuali di musim ramai, seperti Lebaran dan akhir tahun.

2. Awasi maskapai yang Anda pilih

Saat memilih rute, perhatikan maskapai yang mengoperasikan rute tersebut. Tren, harga Low Cost Carrier (LCC) lebih murah jika dipesan terlebih dahulu dan meningkat secara dramatis jika dibandingkan dengan anda pesan hanya beberapa minggu bahkan beberapa hari sebelum keberangkatan. Sementara itu, maskapai penerbangan berlayanan penuh berlaku untuk harga tiket pesawat sepanjang tahun, sehingga kurang lebih sama sepanjang tahun. Bahkan, harga tiket pesawat layanan penuh kadang-kadang bisa lebih murah daripada LCC jika kita membelinya lebih dekat ke hari keberangkatan. Beberapa tips, jika Anda menggunakan Lion Air, Anda sering dapat memeriksa harganya. Karena, berdasarkan pengalaman saya, Lion Air adalah salah satu maskapai penerbangan yang melakukan perubahan harga paling banyak.

Lion Air dapat mengubah harga 2 hingga 3 kali dalam sehari, biasanya di pagi, siang dan tengah malam. Tetapi jika Anda secara rutin mengikuti pergerakan harga, tren sedang membaca. Mereka biasanya menggunakan kisaran harga yang sama, hanya ditandai oleh jam penerbangan. Jika penerbangan yang Anda cari tiba-tiba naik harganya, jangan buru-buru membeli segera karena Anda pikir harga akan terus naik. Sebaliknya, cobalah untuk menunggu beberapa hari mendatang. Jika Anda melihat bahwa kisaran harga antara satu penerbangan dan yang lainnya telah meningkat, Anda dapat membeli tiket pada saat itu karena ini berarti bahwa harga dasar sudah lebih tinggi dari sebelumnya.

3. Catat periode perjalanan, termasuk hari perjalanan pergi dan perjalanan pulang

Akhir pekan, akhir pekan panjang, dan hari libur selalu mahal. Kemudian cobalah liburan selama musim sepi, seperti September-November dan Februari-April. Selain hari libur, hari keberangkatan dan juga pulang tentu saja menentukan harga tiket yang Anda beli. Kombinasi Jumat-Minggu, Jumat-Senin, Sabtu-Minggu atau Sabtu-Senin adalah kombinasi yang paling mahal. Jika Anda ingin mencari harga murah dan mengakali cuti Anda, saya sarankan Anda mencoba kombinasi Selasa-Kamis, Rabu-Jumat, Sabtu-Selasa, dan Minggu-Rabu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *