Mengapa Probiotik Sangat Direkomendasikan untuk Diare Anak?

Penyakit diare merupakan salah satu penyakit serius yang menjadi masalah besar bagi kesehatan anak. Penelitian nasional menunjukkan bahwa 31.4% kematian bayi dan anak-anak di Indonesia disebabkan oleh diare. Oleh karena itu tak heran jika diare saat ini masih dikenal sebagai penyebab kematian nomor satu bagi bayi dan juga anak-anak.

Tindak pencegahan diare ini sangat penting dilakukan untuk meminimalisir angka kematian bayi dan akan-anak. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah dengan menjaga kesehatan saluran pencernaan anak-anak. Probiotik untuk anak diare dan intoleransi laktose sendiri menjadi saat ini banyak digunakan sebagai rekomendasi ahli kesehatan karena kemampuannya dalam memelihara perkembangan bakteri baik.

Mengapa Harus Probiotik?

Jika dahulu penanganan diare pada anak lebih ditekankan pada konsumsi antibiotik. Maka saat ini probiotik untuk anak diare dan intoleransi lactose lebih banyak direkomendasikan. Antibiotik hanya bekerja untuk melawan bakteri dan virus penyebab diare pada anak sehingga manfaatnya hanya bisa didapat saat terjadi masalah pada saluran pencernaan anak.

Obat diare berbentuk probiotik dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan pada saluran pencernaan anak karena adanya bakteri baik yang terkandung di dalamnya. Pemberian probiotik ini biasanya dilakukan bersamaan dengan pemberian cairan dehidrasi berbentuk oral.

Berbagai penelitian dan pengujian yang melibatkan banyak partisipan juga sudah mengonfirmasi keefektifan strain probiotik yang satu ini. Walaupun begitu jika ditinjau secara umum, probiotik masih membutuhkan banyak penelitian lanjut yang bis memastikan keefektifannya dalam menangani berbagai permasalahan gangguan pencernaan pada anak seperti diare dan juga intoleransi laktosa.

Penggunaan probiotik saat ini lebih banyak direkomendasikan karena aman digunakan dan juga membantu memelihara kesehatan usus anak. Probiotik juga cenderung lebih aman karena tidak termasuk ke dalam obat sehingga penggunaannya tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Walaupun begitu konsultasi dengan dokter sebelum pemberian probiotik tetap harus dilakukan.

Di era digital seperti sekarang, mencari informasi kesehatan yang lengkap dan menarik menjadi semakin mudah. Anda juga bisa mengunjungi website www.guesehat.com untuk mendapatkan artikel kesehatan menarik lainnya seperti rekomendasi salep untuk penanganan luka bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *